5 Makanan Khas Kepulauan Bangka Belitung, Cobain Kuy!


Makanan Khas Kepulauan Bangka Belitung | Source Gambar: Kompas.com

Sebagai salah satu provinsi baru di Indonesia, Bangka Belitung menyimpan berbagai hal menarik di dalamnya, selain keindahan alam yang tiada duanya, babel juga punya sejumlah makanan khas yang mengundang selera dan tentu saja sayang untuk dilewatkan begitu saja.


Saat kamu mencoba jalan-jalan ke pulau asal ahok berasal ini, gak ada salahnya kamu mencoba 5 masakan khasnya ini, kira makanan mana ya yang jadi jagoan kamu, berikut kita punya 5 makanan khas kepulauan bangka belitung yang harus jadi menu andalan kamu disana:

1. Pantiaw

Makanan satu ini rasanya cuma ada di Bangka dan tidak dapat dijumpai di tempat lain. makanan ini berbahan dasar tepung sagu dan tepung beras.

Panganan yang satu ini memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi loh guys. Jadi cocok banget kalau dijadikan sebagai bahan pengganti nasi.

2. Lempah

Lempah merupakan hidnagan berkuah yang memiliki bahan dasar makanan laut atau daging sapi. Masakan ini dibumbui rempah-rempah yang aromanya kuat banget.

Ada beberapa jenis lempah di belitung, salah satunya adalah Lempah kuning atau lempah nanas yang memiliki kuah berwarna kuning dengan potongan nanas. Lempah ini berbahan dasar ikan kakap merah atau tenggiri yang bisa pula diganti dengan daging sapi.

Selain itu ada pula lempah daret yang berbahan dasar umbi dan sayuran dengan kuah rempah. serta ada lempah kulat yang terbuat dari kulat/jamur khas Bangka yang biasanya dimasak dengan santan.

3. Berego

Mirip dengan lontong namun perhatikan lagi bahan dasarnya, jika lontong terbuat dari beras, berego terbuat dari tepung beras dan tepung sagu yang dicampur. Baik berego dan lontong sama-sama berwarna putih dan dihidangkan bersama lauk berkuah. 

Jika lontong biasanya disajikan dengan sayur labu siam, telor dan kerupuk maka berego bisa disantap bersama dengan kuah kari ikan, gangan, lakes, ataupun mie Belitung.

4. Martabak Bangka

Ini adalah salah satu makanan yang fenomenal di Bangka, bukan cuma di bangka saja namun keharuman namanya terkenal hingga ke seluruh negeri. di Bangka kudapan ini disebut Hok Lo Pan.

Menurut sejarahnya, martabak ini pertama kali diciptakan oleh orang-orang Hakka (Khek) Bangka. Maka dari itu martabak dinamai dengan sebutan Hok Lo Pan yang berarti Kue Orang Hok Lo.

5. Kue Jongkong

Ini adalah salah satu kue manis khas Bangka Belitung yang selalu menjadi incaran wisatawan saat berkunjung kesana. Kue ini terdiri dari tiga lapis warna yang terbuat dari gula merah, garam, dan kelapa muda. Rasanya yang manis dan lembut, cocok sebagai teman minum teh kamu.

Comments