Mau Liburan Ke Pulau Seribu Jakarta, Catat Akses Mudahnya!


Pulau Seribu Jakarta | Source Gambar: Kompas.com

Kepulauan Seribu adalah salah satu tujuan wisata yang paling diminati wisatawan ibukota. Inilah tempat terdekat dari jakarta bagi yang mau coba merasakan liburan di pulau. Cara untuk kesana pun terbilang gampang.


Ada beberapa transportasi yang bisa kamu cobain sesuai budget, mulai dari kapal kayu sampai kapal kerapu. Untuk yang punya budget lebih, kapal cepat bisa jadi solusi.

Berikut beberapa rute dan harga kapal ke pulau-pulau di pulau seribu jakarta yang bisa kamu coba:

Di tahun 2018, ada enam kapal cepat baru yang melayani rute pulau seribu yakni, KM Indra, KM Kemala, KM Samudra Biru, KM Chabing Nusantara, KM Dewandra dan KM Bathara

Rute perjalannya meliputi tiga kapal untuk rute Muara Angke - Pulau Untung Jawa - Pulau Pari - Pulau Pramuka - Pulau Tidung dengan harga tiket sebesar Rp 40 ribu per orang ditambah peron Rp 2 ribu dan asuransi Rp 2 ribu.

Selain itu ada juga dua kapal untuk rute Muara Angke - Pulau Lancang - Pulau Payung - Pulau Tidung dengan harga tiket sebesar Rp 50 ribu ditambah peron Rp 2 ribu dan asuransi Rp 2 ribu. Sedangkan satu kapal rute Kali Adem - Pulau Kelapa - Pulau Sebira dengan tarif yang ditetapkan berdasarkan Perda Retribusi sebesar Rp 70 ribu berikut peron Rp 2 ribu dan asuransi Rp 2 ribu.

Bukan cuma itu, masih ada enam kapal cepat lainnya yaitu KM Kerapu I-VI yang difungsikan sebagai feeder melayani antar pulau bagi warga Kepulauan Seribu.

Kapal kerapu ini melayani pengantaran dari Pulau Tidung ke Pulau Pramuka dan dari Pulau Kelapa ke Pulau Pramuka atau sebaliknya dengan tarif Rp 40 ribu.

Bukan cuma pulau pari, ada beberapa Pulau indah lain yang bisa ditelusuri di kawasan Kepulauan Seribu, sebut saja pulau pramuka.

Untuk menuju ke Pulau Pramuka, kamu bisa mengakses melalui Pelabuhan Marina Ancol atau Pelabuhan Kali Adem, Jakarta Utara. Untuk keberangkatan dari Marina Ancol, kamu bisa beli tiket speedboat seharga Rp 120 ribu sampai Rp 150 ribu per orang untuk sekali jalan. Waktu tempuh menggunakan speedboat cukup cepat yaitu sekitar 1,5 jam saja untuk mencapai Pulau Pramuka.

Sedangkan jika kamu memilih dari Kali Adem, kamu bisa coba naik kapal tradisional dengan harga tiket berkisar Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu per orang untuk sekali jalan. Tapi yang harus diingat, perjalanannya sedikit memakan waktu lebih lama yaitu sekitar 2,5 jam.

Nikmati hidup yuk dengan jalan-jalan ke pulau seribu jakarta.

Comments